Langsung ke konten utama

Enam Pesan Inspiratif Profesor Habibie dalam Mencapai Kesuksesan





Sobat Brothers.
Siapa, sih, yang tidak ingin meraih sukses? Tentu kan, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak ingin sukses. Kita pasti yakin banyak pelajar dan mahasiswa yang ingin mengukir sebuah keberhasilan, namun untuk bisa mewujudkan hal tersebut kita harus mengetahui formulasi mencapai kesuksesan. Nah, maka dari itu diperlukan kiat khusus agar perjalanan menuju keberhasilan lebih mudah dilalui.
Apa aja, sih, pesan dari Profesor Habibie untuk Sobat Brothers biar sukses? Pengen tau? So.. baca sampai selesai ,ya…
1. Keberhasilan bukan milik orang pintar, melainkan milik mereka yang senantiasa berusaha.
Dalam sebuah video wawancara yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, Pak Habibie pernah berpesan, “Percuma Anda memiliki IQ tinggi tapi pemalas. Yang penting adalah Anda sehat dan mau berkorban meraih apa yang diinginkan”. Kalimat Pak Habibie ini mengajarkan pada Sobat Brothers semua bahwa kecerdasan intelektual bukanlah satu-satunya faktor penentu kesukesan.
Ada faktor lain yang lebih penting, yakni kerja keras. Sepintar dan secerdas apa pun seseorang tidak akan dapat meraih kesuksesan jika ia tidak memiliki kesungguhan dalam mencapainya. So, bagi Sobat Brothers yang lagi berjuang meraih cita-cita, bekerjalah secara sungguh-sungguh! Percayalah, sepintar apa pun Sobat Brothres, kalau tidak mau kerja keras, jangan mimpi, deh!
2. Kejar terus apa yang Sobat impikan, meski apa yang didambakan belum ada di depan mata.
Sobat Brothers pernah nonton film ”Habibie Ainun”? Kalau iya, Sobat pasti melihat bagaimana perjuangan B.J. Habibie dalam meraih impiannya. Film tersebut menceritakan bagaimana sulitnya kehidupan Profesor Habibie. Selain itu, Profesor Habibie juga pernah merasakan kepahitan saat diremehkan oleh sesama pekerja di sana. Beberapa kali idenya ditolak dan dianggap tak meyakinkan.
Namun, kepahitan tersebut tak lantas menjadikan beliau patah arang. Sebaliknya, beliau terus berusaha hingga akhirnya impiannya terwujud. Kisah ini mengajarkan kita untuk terus berusaha dan pantang menyerah. Ketika apa yang diinginkan belum tercapai, Sobat Brothers jangan berhenti. Teruslah mengobarkan “api semangat” dalam diri untuk konsisten dalam mengejar apa yang Sobat yakini.
3. Tiada masa depan yang cerah tanpa pengorbanan.
Pelajaran penting yang harus diketahui oleh Sobat Brothers dari Profesor Habibie ialah meraih kesuksesan itu bukanlah perkara mudah. Bahkan, kita bisa jadi harus merasakan jatuh berkali-kali demi meraih apa kita inginkan. Filosofi kesuksesan ini juga selaras dengan pendapat Soichiro Honda, ia mengatakan, “Orang melihat kesuksesan saya hanya satu persen, tapi mereka tidak melihat 99% kegagalan saya”. Maksudnya adalah bahwa untuk meraih keberhasilan, kita harus bersusah payah terlebih dahulu. Jangan patah semangat hanya karena suatu kegagalan.
4. Jadilah pribadi yang selalu siap menghadapi tantangan!
Di usia yang telah menginjak 80 tahun, Profesor Habibie tidak pernah kehilangan semangat untuk menjalani hidup. Bagi mantan Presiden Indonesia ketiga ini, selama nyawa masih melekat, beliau akan terus “menantang” dirinya untuk terus berkarya. Spirit hidup ala Profesor Habibie yang selalu siap itulah yang wajib Sobat tiru. Sebagai anak muda, kita harus selalu siaga menghadapi tantangan kehidupan di mana pun.
5. Apabila kita sudah memutuskan menekuni suatu bidang, jadilah orang yang konsisten.
Tidak hanya kemauan untuk bekerja keras, kiat lainnya yang juga tak kalah penting untuk diterapkan adalah konsistensi ketika menekuni sebuah bidang. Profesor Habibie mengatakan bahwa beliau memutuskan fokus di bidang yang dipilih demi menjadi insinyur penerbangan. Meskipun tantangan menghadang, bukan berarti beliau lari dan menyerah. Sebaliknya, beliau justru konsisten mendalami bidang tersebut hingga kini menjadi ahli penerbangan terhebat seantero negeri, bahkan tingkat dunia.
6. Berjuanglah agar kita bermanfaat bagi manusia lain! Manfaatkan apa yang kita punya demi membantu mereka!
Terakhir, Profesor Habibie berpesan kepada kita agar bermanfaat bagi masyarakat. Karena manusia adalah makhluk sosial, hidup di lingkungan masyarakat menjadi keniscayaan.
Itulah pesan-pesan inspiratif dari Profesor Habibie. Semoga hal-hal tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. Satu hal yang dapat kita simpulkan dari pesan tersebut ialah untuk menggapai impian, dibutuhkan kerja keras dan konsistensi. Meskipun begitu, kita tak boleh lupa untuk tetap berbakti pada nusa dan bangsa. 


Sumber : IDNtimes, dengan banyak perubahan.

Komentar

  1. Sy gk punya keterampilan nih, mohon dikirim utk bisa mempunyai ketrampilan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Contoh Soal Notice, Caution, dan Warning

Notice adalah peringgatan atau pemberitahuan yang berupa tulisan atau tanda untuk memberi informasi   , intruksi , atau peringatan kepada publik Caution adalah salah satu text fungsional yang berupa petunjuk agar seseorang melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Caution ini dapat berupa phrasa (gabungan kata), clausa (kalimat), atau berupa  gambar/tanda/sign. Warning adalah suatu Larangan agar supaya seseorang tidak melakukan hal tersebut karena dianggap sangat berbahaya. Jadi, warning hampir sama seperti notice tapi tingkat bahayanya lebih  tinggi dari notice. Sehingga larangannya bersifat lebih keras. Contoh soal notice : DON’T SWIMMING IN THIS AREA 1. The caution may be found at the dangerous areas in the following places, EXCEPT… A. beaches B. rivers C. ponds D. bathrooms 2. This caution is meant to warn anyone who walks on the floors to becareful because ... A. the floors a

Prinsip Hidup Ahmad Zaky, Pendiri Sekaligus CEO Bukalapak.com

Masa remaja men jadi salah satu momen paling m enentukan dalam kehidupan seseorang. Bagaimana tidak ? Pada masa ini kita dibentuk men jadi pribadi dewasa yang siap menanggung berbagai konsekuensi. Otak yang terisi dengan berbagai pelajaran menjadikan kita lebih sensitif dan berhati-hati. Pentingnya masa remaja juga di yakini oleh Achmad Zaky, CEO Bukalapak yang kini sukses mengembangkan Bukalapak sebagai salah satu startup terbaik di Indonesia. Datang dari kota kecil di Jawa Tengah, Zaky merasakan perbedaan budaya yang besar ketika pertama kali masuk ke Jurusan Teknik Informatika ITB. Jika di Jawa Tengah kultur budayanya lekat dengan sikap merendah dan memendam perasaan, kultur di ITB membuatnya harus beradaptasi dengan kebiasaan outspoken dalam mengemukakan pendapat. Kegigihan pemuda asal Sragen ini dalam urusan kuliah dibuktikan dengan berhasil meraih IPK sempurna 4,0 di semester pertama. Ketika itu Zaky sangat memanfaatkan waktu yang ia miliki untuk membaca, mengulang